//
you're reading...

Catatan Harian

Workshop Pengembangan Aplikasi Edukatif untuk Perangkat bergerak – PI DEL

Workshop Pengembangan Aplikasi Edukatif untuk Perangkat BergerakAlhamdullilah dapat merasakan sebagai narasumber untuk workshop pengmebangan aplikasi edukatif untuk perangkat bergerak di Politkenik Informastika DEL(PI DEL) tanggal 28 Maret – 1 April 2012. Kegiatan dilaksanakan di PI DEL disamping danau Toba, Samosir, Sumatra Utara sekalian menikmati keindahan alamnya. Peserta workshop ini adalah dosen, asisten dosen serta anggota klub mobile dari PI DEL maupun dari asisten dosen di sub kampus dalam program Pendidikan Vokasi Berkelanjutan.

MENGAPA MENGEMBANGKAN APLIKASI DI PERANGKAT BERGERAK / HANDPHONE

Workshop Pengembangan Aplikasi Edukatif untuk Perangkat Bergerak PIDELSaat ini, mobile phone telah menjadi alat komunikasi yang selalu digunakan setiap saat hampir di setiap lapisan masyarakat. Fungsi mobile phone juga tidak lagi hanya sekedar media komunikasi tetapi juga terdapat fungsi hiburan di sana. Fungsi hiburan atau entertainment ini dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi edutainment dengan adanya aplikasi-aplikasi yang bersifat mendidik dan sekaligus menghibur. Game adalah salah satu contoh aplikasi yang bersifat entertainment tetapi apabila content-nya dirancang dengan tepat dapat membantu pelajar untuk belajar dimanapun dan kapanpun di mobile phone mereka masing-masing. Dan percayalah jumlah handphone di Indonesia akan lebih banyak daripada jumlah penduduknya.

Workshop Pengembangan Aplikasi Edukatif PIDELHari pertama pelatihan dihabiskan untuk perjalanan dari Jakarta – Medan menggunakan pesawat selama 3 jam, dan kemudian dilanjutkan perjalanan Medan – Pidel menggunakan travel selama 6 jam. Hari pertama pelatihan diikuti oleh 7 asisten dosen di Pidel, dimana sebenarnya Pidel telah coba untuk mengundang asisten dosen dari subkampus untuk ikut serta, tetapi ternyata tanggal pelaksanaan yang bertepatan dengan tanggal ujian Sekolah menyebabkan mereka tidak dapat ikut serta di pelatihan berikut. Hari pertama dimulai dengan presentasi singkat mengenai SEAMOLEC, pengembangan aplikasi mobile, dilanjutkan dengan praktek bersama untuk mulai pengembangan aplikasi, serta pengembangan konsep aplikasi yang akan dikembangkan.

Hari kedua dilanjutkan dengan pengembangan aplikasi oleh peserta, dilanjutkan dengan sesi siang untuk menambahkan kuiz dan fitur sms. Pada sore hari peserta diminta untuk menambahkan fitur tersebut ke aplikasi mereka. Hari ketiga para peserta diminta untuk mempresentasikan produknya.

Setelah sesi pelatihan selesai, kami bertemu dengan anggota klub mobile yang berjumlah sekitar 20 orang, dimana kita saling berbagi mengenai perkembangan teknologi mobile dan apa yang telah kita dan mereka lakukan. Dilanjutkan dengan pengenalan teknologi mobile seperti J2ME serta Android.

Peserta workshop ini tidak dipungut biaya, biaya penyelenggaraan workshop dari cost sharing antara SEAMOLEC(uang harian dan transport instruktur), dan PIDEL (konsumsi peserta workshop).

Beberapa produk yang dihasilkan peserta:
· Manual Server
· Registrasi Mahasiswa Baru PIDEL
· Reminder event
· Manual page
· Tabel Periodik
· Informasi DEL
· Modul peluang

clip_image002 clip_image004 clip_image006