//
you're reading...

Catatan Harian

SEAMOLEC SEA Cyberclass (Southeast Asia Cyber Class

oleh: Cahya Kusuma Ratih

I. Konsep SEACyberClass

seacyberclass demografiIndonesia adalah negara kepualauan terbesar di dunia dengan lebih dari 13 ribu pulau. Dengan luas sebesar 1,9 juta km2 dan dengan populasi sebesar 222 juta jiwa (data 2006), Indonesia merupakan negara terluas dan terpadat penduduknya di Asia Tenggara. Kondisi demografi tersebut, merupakan tantangan tersendiri bagi pelaksanaan pembangunan di Indonesia khususnya di sektor pendidikan. Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah atas kondisi demografi tersebut.

Cerminan PJJ tersebut adalah konsep SEACyberClass sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan dengan penyelenggaraan pembelajaran melalui kelas maya di Asia Tenggara. Pada dasarnya SEACyberClass meliputi tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan SEACyberClass akan diterapkan di Indonesia sebelum nantinya dikembangkan untuk kawasan Asia Tenggara. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan berbasis video yang akan didistribusikan dalam bentuk recording maupun live streaming. Banyak pendukung lain yang harus dipersiapkan antara lain konten pembelajaran, perangkat kelas, dan perangkat lunak.

Untuk dapat melaksanakan evaluasi terhadap pendidikan dasar dan menengah di Indonesia dan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilaksanakanlah Ujian Nasional (UN). Dari hasil UN tersebut, dapat diketahui bahwa mutu pendidikan di Indonesia belum merata (disimulasikan dalam Gambar 1), sehingga perlu dilaksanakan matrikulasi melalui latihan ujian bersama (LUB). LUB merupakan tahapan akhir dari konsep SEACyberClass. Pada tahun 2011 SEAMOLEC meluncurkan LUB sebagai upaya meningkatakan frekuensi siswa berlatih mengerjakan soal-soal ujian. Penghematan biaya merupakan salah satu alasan LUB dilaksanakan secara semi-online. Pada saatnya nanti, LUB akan dilaksanakan secara online penuh

seacyberclass hasil evaluasi

Gambar 1 : Simulasi Hasil Evaluasi Belajar dalam Ujian Nasional (UN).

Melatih siswa dalam bentuk ujicoba menghadapi UN, sampai saat ini bergantung kepada kebijaksanaan dinas pendidikan setempat dan pihak swasta yang menyelenggarakan bimbingan tes. Pelaksanan latihan ujian tersebut pada umumnya juga masih terbatas. Dalam rangka meningkatkan frekuensi berlatih bagi para siswa, SEAMOLEC berinisiatif untuk melaksanakan Latihan Ujian Bersama (LUB). ­

Proporsi tahapan SEACyberClass berdasarkan prioritas pelaksanaannya dalam dua tahun (2011 dan 2012) digambarkan sebagai berikut :

seacyberclass 2011seacyberclass 2012

Gambar 2 : Pelaksanaan SEACyberclass 2011-2012

II. Latihan Ulangan Bersama (LUB) SEACyberClass

Latihan Ujian Bersama (LUB) marupakan salah satu bagian dari evaluasi dalam konsep SEACyberClass. LUB yang telah dilaksanakan merupakan sebuah upaya peningkatan mutu dengan cara penambahan frekuensi berlatih bagi siswa dalam menghadapi UN. Untuk itu, siswa akan berlatih menghadapi soal-soal yang setara dengan UN.

seacyberclass konsep

Gambar 3 : Konsep Berlatih dalam LUB SEACyberclass

Dalam rangka mendukun pelaksanaan LUB, maka LUB dilaksanakan dalam dua tahap yaitu pelatihan persiapan LUB SEACyberclass, dan pelaksanaan LUB. Pelatihan persiapan LUB diikuti oleh guru dan teknisi dari sekolah. Pelatihan untuk guru bertujuan untuk melatih dan membiasakan guru untuk membuat soal yang baik dan benar, setara dengan soal UN. Sedangkan teknisi akan berlatih teknis penyelenggaraan LUB, sehingga mereka dapat menjadi teknisi saat pelaksanaan LUB SEACyberClass semi online maupun online penuh di sekolah masing-masing.

seacyberclass modelseacyberclass model

Gambar 4 : Model Pelaksanaan LUB

Konsep utama pelaksanaan LUB baik online maupun semi-online adalah soal dalam bentuk nirkertas. LUB semi-online dilaksanakan dengan memanfaatkan LCD projector yang dimiliki sekolah untuk menggantikan penggunaan kertas soal, sedangkan kertas jawaban menggunakan satu kertas lembar jawaban komputer (LJK). Dengan memanfaatkan sistem ini latihan ujian dimungkinkan dilaksanakan berulangkali tanpa membebani sekolah. Perangkat yang dibutuhkan juga sederhana yaitu satu buah komputer/laptop dan 1 buah LCD dalam 1 kelas. Internet juga dimanfaatkan secara minimal yaitu hanya dalam proses mengunduh soal dan mengunggah hasil latihan siswa saja, sehingga sistem semi-online ini baik dilaksanakan bagi sekolah yang minim sarana dan prasarana.

LUB yang dilaksanakan secara online membutuhkan komputer dan juga jaringan internet dengan jumlah dan kualitas yang cukup memadai di masing-masing titik pelaksanaan. LUB online disebut juga sebagai Latihan Ujian Nasional (LUNAS) yang dapat diakses pada http://lunas.seamolec.org/.

seacyberclass dokumentasi

Gambar 5 : Dokumentasi Pelaksanaan LUB SEACyberClass

Dalam pelaksanaan LUB SEACyberClass yang dikoordinir oleh SEAMOLEC, soal-soal latihan dikembangkan oleh tim pembuat soal, yang kemudian akan dikirimkan ke sekolah secara online. Setelah proses LUB dilaksanakan, hasil latihan ujian akan dikirim ke SEAMOLEC untuk diolah menjadi nilai statistik sebagai bahan evaluasi dan perbandingan dengan sekolah lainnya.

clip_image016

Gambar 6: Hasil Evaluasi Antar Sekolah

clip_image018clip_image020

Gambar 7 : Hasil evaluasi siswa dalam 6 kali ujian.

Setelah proses latihan ujian selesai, disediakan pula pembahasan soal, baik berupa file presentasi maupun video penjelasan tentang penyelesaian soal tersebut. File maupun video pembahasan tersebut dapat dimanfaatkan oleh peserta LUB untuk mengetahui pemecahan dari soal-soal maupun oleh guru di sekolah tsb. yang berperan sebagai mediator bagi siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menjawab soal tersebut.

clip_image022

Gambar 8 : Contoh tampilan video pembahasan

III. Pelaksanaan LUB SCC (2011 – 2012)

LUB SEACyberClass sedang berlangsung selama 6 bulan dimulai pada bulan Oktober 2011 s.d. April 2012. LUB tersebut diikuti oleh 95 SMA dan 100 SMK yang tersebar di 20 provinsi di seluruh Indonesia. Peserta LUB tersebut berasal dari beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, hingga daerah-daerah yang sulit dijangkau.

clip_image024

Gambar 9 : Peta peserta LUB 2011 – 2012

Para peserta LUB 2011 – 2012 mengikuti 10 kali latihan, masing-masing untuk mata pelajaran UN baik SMA maupun SMK. Hasil statistik peserta LUB 2011 – 2012 dapat diakses pada blog http://seacyberclass.wordpress.com.

Sebagai rintisan pengembangan berikutnya, LUB SEACyberClass ini juga diujicoba oleh beberapa sekolah di Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina dan Kamboja, khususnya sekolah-sekolah yang telah bermitra dengan sekolah di Indonesia. Beberapa guru dan teknisi dari Indonesia yang difasilitasi oleh SEAMOLEC dikirimkan ke sekolah tersebut untuk mempersiapkan pelaksanaan LUB yang akan diikuti oleh kedua negara. Soal latihan yang digunakan untuk ujian tersebut dikembangkan bersama oleh guru dari kedua sekolah di Asia Tenggara maupun di Indonesia. Informasi mengenai kegiatan LUB di masing-masing negara dapat diakses pada :

1. Thailand : http://thailandseacyberclass.blogspot.com/
2. Philipina : http://philippineseacyberclass.wordpress.com/
3. Kamboja : http://kambojaseacyberclass.wordpress.com/

clip_image026clip_image028

Gambar 10 : Ujian yang dilaksanakan bersama di SMKN 4 Malang dan PNJKIS Davao City

Pembahasan dari ujian tersebut dilaksanakan oleh guru-guru di kedua Negara, sehingga diharapkan siswa dapat belajar dari lebih banyak sumber informasi, baik dari pembahasan yang dilakukan oleh guru dari sekolah partner maupun guru di sekolah mereka. Pembahasan dilaksanakan dalam bentuk video tutorial maupun paparan. Hasil ujian tersebut dapat digunakan sebagai media pembanding dari kedua sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikannya lebih baik lagi.

clip_image030clip_image032

Gambar 10: Tampilan Video Pembahasan dan Hasil Evaluasi Siswa dalam Program Antar Negara LUB SEACyberClass

IV. Kontak SEACyberClass

Informasi lebih lanjut mengenai SEACyberClass dapat menghubungi tim sekertariat SEACyberClass:

Nama : ….

Email :

Mobile :

SEAMEO SEAMOLEC
Kompleks Universitas Terbuka
Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe,
Pamulang 15418 PO Box 59/CPA,
Ciputat, Jakarta INDONESIA
Phone: (62-21) 7422184,
Fax: (62-21) 7422276