//
you're reading...

Catatan Harian

Rapat koordinasi Persiapan workshop SeaEdunet 2.0 untuk Ka SILN

rakor ka siln 2Salah satu tujuan didirikan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) adalah melayani anak warga indonesia yang berada di Luar negeri untuk merasakan pendidikan dengan kurikulum pendidikan indonesia. Tetapi semakin berkembangnya usia SILN, kekurangan siswa salah satu penyebabnya adalah jarak yang jauh dari tempat sekolah dari rumah siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu solusinya adalah mengimplementasikan Pendidikan jarak jauh(PJJ) di SILN. Oleh karena itu, Seamolec bekerjasama dengan SILN untuk mengimplementasikan salah satu model PJJ, SeaEdunet 2.0: Collaborative Learning using Project based learning model. Untuk mempersiapkan model tersebut, staff Seamolec dikirim ke rapat koordinasi persiapan workshop SeaEdunet 2.0 yang dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kepala sekolah yang bersangkutan. Staff yang mewakili dalam kegiatan tersebut antara lain Dr. Agus M (Deputy Director Seamolec), Timbul Pardede (Manager Training) dan Prayitno(IT Konten Staff).

Beberapa poin yang dihasilkan dalam rapat persiapan tersebut diantaranya:

  1. Beberapa SILN mengapresiasi dengan baik hasil kerjasama dengan Seamolec yang sudah berjalan seperti Sekolah Indonesia Davao dan Sekolah Indonesia Beograd.
  2. Sekolah Indonesia Beograd sebelum ada pendidikan Jarak Jauh bekerjasama dengan Seamolec, murid hanya 5 orang menjadi 35 orang dengan sistem PJJ.
  3. Semua Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) siap melakukan kerjasama dengan Seamolec dalam pengembangan sistem SEAEdunet 2.0.
  4. Sekolah Indonesia Wasenaar sudah menjalankan PJJ pada tingkat Sekolah Dasar dan siap mengadopsi sistem SEAEdunet, Sekolah ini mengharapkan sistem evaluasi pada SEAEdunet 2.0 dapat dimanfaatkan dengan baik.

Daftar Kepala Sekolah Indonesia Luar Negeri

No

Sekolah

Nama

1

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Rahmadi Diliawan

2

Indonesian School of Jeddah Ahmad Syafii

3

Sekolah Indonesia Nederland Gunaryadi

4

Sekolah Indonesia Singapura Yayat Rudiat

5

Indonesian International School Yangon Sirdjanul Ghufron

6

Sekolah Indonesia Davao Setyo Wardoyo

7

Sekolah indonesia Bangkok Mohamad Soleh

8

Sekolah Indonesia Moskow Sugiarto

9

SEKOLAH INDONESI MAKKAH SINSIN ROSYIDIN

10

Sekolah Republik Indonesia Tokyo Supardo

11

SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR SUWANDI PERMANA

12

Sekolah Indonesia Cairo Hary

13

Sekolah Indonesia Beograd Busjra Sampona

laporan lengkap dapat dilihat disini.
rakor_ka_silnrakor ka siln 2