//
you're reading...

Catatan Harian

Membaca EPub di Google Chrome dan Firefox

ePub (singkatan dari electronic publication) adalah format standar untuk ebooks, format yang digunakan untuk menerbitkan buku elektronik, majalah dan koran. Perbedaan antara format file ePub dengan file doc biasa adalah kemampuannya yang fleksibel untuk menyesuaikan dimensi tampilan dari berbagai macam perangkat mulai tablet, smartphone dan PC. EPub sengaja diciptakan agar bisa menjadi fleksibel dalam ukuran font dan tata letak teks, yang memungkinkan kamu untuk membaca ebook yang sama pada setiap perangkat yang berbeda-beda.

Untuk membuka file dengan format ePub, kamu memerlukan aplikasi ebook reader seperti yang tersedia pada tablet iPad, kindle atau e-reader lain. Dengan semakin banyak penerbit beralih memproduksi ebooks mereka dalam versi ePub, kamu mungkin berpikir bahwa satu-satunya cara agar bisa terus membaca ebook favorit kamu adalah untuk membeli e-reader atau tablet. Tahan dulu pikiran itu.

Dalam tip ini, kita akan berbagi cara agar kita dapat membuka file EPub pada browser kamu. Ekstensi ini dibuat sebagai pembaca ebook minimalis yang akan memungkinkan kamu untuk menelusuri ebooks langsung dari browser.

EPUB Reader

EPUB Reader adalah add-on untuk Firefox yang dapat secara langsung membuka format ePub dengan cepat. Jika kamu pengguna Firefox, masuk dulu ke halaman ekstensi EPUBReader dan klik tombol hijau ‘Tambahkan ke Firefox’ untuk menginstal EPUBReader.

add-ons

Setelah instalasi selesai, akan terlihat ikon tambahan muncul di sudut kanan atas browser Firefox kamu, klik ikon untuk memulai EPUBReader.

epub-button

lalu kita akan diarahkan ke halaman pembaca di mana kita akan menemukan banyak koleksi ebook yang tersedia dari archive.org dan feedbook.com secara gratis.

epub-reader-library

Jika kamu men-download sebuah ebook dengan ekstensi Epub dari Internet, EPUBReader secara otomatis akan mengunduh ebook tsb.

Buat folder khusus untuk menyimpan file epub kamu, jangan lupa setiap kali selesai download klik ikon syncronize agar file epub yang ada difolder tersinkronisasi dengan epub reader.

Magicscroll 

Bagi yang lebih suka menggunakan Google Chrome, buka halaman chrome web store lalu cari “Magicscroll eBook Reader” dan klik ‘Tambahkan ke Chrome’ untuk di instal.

Setelah terinstal, kamu buka tab baru dan buka alamat web: MagicScroll.net

Untuk menambahkan ebook baru ke perpustakaan kamu, klik ‘Add a Book to Your Library’.

 

Ada pilihan untuk mengimpor ebook dari komputer kamu, atau memasukkan link alamat download dari Internet.

Setelah ditambahkan, semua ebooks akan dapat diakses dari brower Chrome.

Ada 4 tombol menu di sudut kiri atas setiap halaman buku. Kalian bisa mengubah ukuran font dan warna tema serta pilihan untuk mendownload ebook di folder lokal komputer kamu atau dari alamat website penyedia file epub.

Readium

Selain itu ada juga ekstensi Readium untuk membaca file EPUB di browser Google Chrome. Buka halaman chrome web store lalu cari “Readium”, Setelah terinstal, klik tombol Readium pada halaman tab baru. Lalu klik tombol tanda + di atas bar Readium untuk mendownload file Epub dari internet atau dari folder lokal dalam komputer kalian.

Kalian dapat melakukan pengaturan dan mengaktifkan opsi untuk secara otomatis membuka format file Epub di Readium saat menggunakan browser Chrome.

Dengan 3 ekstensi untuk FireFox dan Chrome, kini kamu bisa membaca ebooks secara offline dengan browser kamu, jadi tak perlu membeli e-reader atau tablet, atau menginstal aplikasi eksternal untuk membaca ebook.