//
you're reading...

Catatan Harian

Bridging Program Taiwan 2017

Alhamdulillah pada tahun 2017 mendapatkan kesempatan untuk mengikuti bridging program di Taiwan 2017 yang diadakan oleh Ristekdikti bekerjasama dengan pemerintah Taiwan. Bridging program dilaksanakan oleh kemenristekdikti dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia perguruan tinggi di Indonesia. Program ini merupakan program matrikulasi (pelatihan) bagi dosen muda bergelar S2 untuk mempersiapkan diri meraih gelar S3 di perguruan tinggi luar negeri. Melalui program ini, peserta dilatih dalam penulisan ilmiah, pemikiran kritis, dan kesempatan mencari calon promotor. Program ini dikhususkan untuk negara-negara tertentu yang memberikan tuition fee rendah atau tanpa tuition fee. Secara keseluruhan kegiatan yang saya lakukan mulai dari pengumuman sampai dengan kepulangan dapat terlihat dari tabel berikut:

Pengumuman Panggilan mengikuti Program 20 Oktober 2017
Pengumpulan Kelengkapan Berkas 21 Oktober – 1 November 2017
Pre-departure/Lokakarya Program 18-19 November 2017
Pelaksanaan Program 19 November – 23 Desember 2017
–       Keberangkatan Jakarta Taiwan 19 November 2017
–       Aktif Kegiatan 20 November – 22 Desember 2017
–       Kepulangan Taiwan Jakarta 23 Desember 2017

banyak sekali kegiatan yang dilakukan pada saat bridging program ini, diantara kegiatan tersebut meliputi:

1. Diskusi penelitian terbaru / topik riset di Asia University, Taiwan

Lebih dari 20 professor di College of Information and Electrical Engineering Asia University mempresentasikan hasil penelitian mereka 5 tahun terakhir. Diskusi dilaksanakan dengan tanya jawab tentang topik penelitian yang akan diambil pada jenjang S3, sekaligus masing-masing professor mencari calon mahasiswa pada masing-masing lab mereka.

2. Mencari Calon Pembimbing/ Promotor di Asia University, Taiwan

Sesuai dengan topik riset yang ingin saya tekuni yaitu kecerdasan buatan pada bidang pendidikan, kemudian berdiskusi dengan calon pembimbing yaitu Professor S.J.H. Yang yang memiliki fokus pada bidang tersebut serta memiliki h-index 28, i10-index 156 dan 9185 sitasi. Setelah berdiskusi, dikeluarkan surat rekomendasi oleh professor untuk bersedia menjadi supervisor pada jenjang S3.

3. Mengikuti short course salah satu matakuliah

Salah short course yang diikuti adalah Molecular Biology Database di departemen BioInformatics and Medical Engineering. Presentasi tentang bioinformatics dan praktikum singkat dilaksanakan pada laboratorium.

Download laporan bridging program selengkapnya.